17 October 2011

Kue Mangkok Mekar



Yes, I did it... Alhamdulillah... ternyata di balik pembuatan kue mangkok ini,panjang ceritanya sodara-sodara... butuh perjuangan (aih... segitunya :p) bagaimana tidak, lah wong mau bikin kue ini musti bikin dulu tape singkongnya (hadeeuuh...) sebab tidak ada yang jual di daerah saya. Bikin lah dulu tape singkongnya (baca resep tape singkongnya disini). Dah gitu ni... dengan semangatnya saya siapin bahan-bahannya..tapenya dah jadi,ehh ternyata ada yang kurang air sodanya belum ada...wah beli dulu deh. Di simpan lagi ke lemari bahan-bahannya, besok aja tunggu sekalian belanja. Besoknya baru deh mulai... Bismillahirohmanirohim... semoga jadi mekar ...Pertama wajib harus sesuai dengan aturan yang diresep... kata Bu Fatmah InsyaAllah jadi.., makasih ya Bu sarannya. Resepnya saya pake punya beliau. Sambil menyiapkan bahan, sebaiknya panaskan dulu kukusan sampai uapnya banyak, jika kita bisa langsung mengukusnya.

Kue Mangkok Mekar 
By : Fatmah Bahalwan NCC

Bahan :
125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr trigu
150 ml air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda
1sdt baking powder 


Cara Membuat:
1. Campur bahan tape singkong dengan gula pasir, di tekan-tekan sampai halus dan rata.


2. Dalam wadah lain,campurkan tepung beras dan air dingin,uleni hingga tercampur rata,sisihkan.
3. Masak air dan 75 gr gula pasir hingga mendidih,lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata.
4. Campurkan adonan tape dengan adonan tepung beras,uleni terus hingga licin kemudian campur dengan adonan tepung terigu,aduk rata.
5. Sambil terus di uleni masukan baking powder, aduk lagi, lalu tuang air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer, kemudian saring.
6. Bagi beberapa bagian, beri warna sesuai selera. (saya hanya pake 2 warna hijau pasta pandan dan kuning,sisanya saya biarkan putih)
7. Masukan adonan ke dalam cetakan kue mangkok yang sudah panas. (Cetakan sudah di dalam kukusan,tidak saya angkat. Adonannya yang saya tuang ke dalam cetakan). Kukus selama kurang lebih 15-20 menit.
Alhamdulilah MEKAR hehehehe.  Sebelumnya saya buat kurang memuaskan. Sedih hati ini, ada bilang kuenya mingkem. Baca juga  sebelumnya kue mangkok tanpa tape disiniUhuy deh kalo dah mekar, kue mangkok akhirnya bisa di taklukkan hihihihi *girang 


TIPS : ternyata banyak juga tips n triknya kue satu ini. Pesan dari Bu Fatmah dan saya sendiri :
1. Gunakan tape yang lembek
2. Pembuatanya ada 3 adonan, Campur segera adonan
    a. Adonan Tape singkong & gula pasir
    b. Adonan Tepung beras & air dingin.
    c. Adonan Tepung trigu & air mendidih.
3. Cetakan DILARANG di olesi minyak atau apapun.
begini lah hasilnya kalo diolesi minyak,padahal adonannya sama
Bantet dengan suksesnya.. huaaa 
4.Gunakan kukusan yang sudah beruap banyak
5.Panaskan cetakan terlebih dahulu.
6.Jangan buka kukusan selama 20 menit.
7. Cetakan dari plastik pun bisa. Saya pake yang plastik (karena punyanya ya itu)
8. Jika tidak punya cetakan kue mangkok, bisa menggunakan cetakan bolu kukus. Hasilnya sama mekar juga koq.
Pake kertas cup dengan menggunakan cetakan bolu kukus

No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover